BERINGIN BONGAS BALIKPAPAN

Beringin Tumbang 
Dibiarkan Begitu Saja

Sebuah pohon beringin yang tumbang di depan hunian rumah masih dibiarkan begitu saja. Pohon beringin ini tumbang dan tanah tempat tumbuhnya terangkat.

Hal itu terpantau pada Jumat 15 Desember 2017 sekitar pukul 09.00 Wita, di Jalan Bongas II, Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Pohon beringin itu akarnya tercerabut dari lapisan tanah. Ranting dan daun beringin masih nampak hijau padahal menurut saksi mata, pohon tersebut tumbang sejak seminggu lalu.

Ditemui wanita berjilbab, Tuti, penghuni rumah bernomor 373 yang ada di seberang lokasi kejadian, mengatakan, pohon ambruk akibat angin kencang sekitar seminggu yang lalu. Kejadian pada malam hari.

(Jongfajar Kelana)

"Suami saya yang mendengar dari dalam rumah, pada malah hari ada suara seperti rumah ambruk. Begitu di cek keluar rumah, ternyata pohon tumbang," katanya.

Sampai sejauh ini, pohon tumbang itu masih dibiarkan tergeletak. Untung saja, kata Tuti, ambruknya pohon beringin besar tersebut sampai tidak menimbulkan kerugian, membawa korban jiwa maupun harta.

"Belum dibersihkan. Masih dibiarkan. Tunggu pengelola (komplek perumahan kilang minyak Pertamina) yang bersihkan. Saya tidak tahu kenapa sampai sekarang belum dirapihkan lagi," tuturnya.

(Jongfajar Kelana)

Jatuhnya pohon pun tidak menutupi jalan raya yang ada di depannya. Menurutnya, angin bertiup kencang namun akar yang merekat di tanah tidak kuat menahan dorongan angin, akhirnya pohon ambruk.

"Arah batang pohon sudah miring ke jalan raya tapi tertiup angin kencang ambruknya ke arah beda, ke pekarangan rumah," ungkap Tuti.

Sejauh ini, pohon tersebut tidak mengganggu arus lalu lintas jalan komplek perumahan tersebut. Pohon beringin yang rebah itu menjadi pemandangan baru bagi para warga yang joging di komplek kilang minyak Pertamina tersebut.[1] ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN