GEDUNG ITK BALIKPAPAN

Peradaban Teknologi Indonesia Tengah 


Patut dibanggakan di wilayah Indonesia Tengah terdapat kampus teknik negeri untuk jenjang pendidikan strata satu. Kampus ini bernama Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang merupakan perguruan tinggi negeri. Kampus ini diresmikan pada 6 Oktober 2014 di zaman pemerintahan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Kampus ITK berada di Karang Joang Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Sejarahnya embrio kampus ini di tahun 2011 yang permulaannya dilakukan studi kelayakan oleh Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Saat itu, beberapa daerah provinsi di Kalimantan rebutan supaya pendirian insitut ini berada di wilayah mereka yang berkepentingan, namun ternyata dipilih Kota Balikpapan Kalimantan Timur karena dirasa saat itu daerah ini dianggap kaya, mampu memperlancar pendirian kampus ITK.


Terbukti di Kalimantan Timur mampu sediakan lahan seluas 300 hektar. Pemberian lahan ini sudah sesuai dengan keinginan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya saat itu, yang kemudian ditindaklanjuti dengan menerbitkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 059/P/2012 tertanggal 21 Maret 2012.


Pendirian kampus negeri ini dipayungi Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Kalimantan dengan Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 254 yang diundangkan tanggal 9 Oktober 2014.

Meski peresmiannya dilaksanakan pada tahun 2014, ITK sudah memulai kegiatan akademik, menerima mahasiswa baru untuk angkatan tahun 2012-2013 dengan pola beasiswa Pemprov Kalimantan Timur. ( )

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN