ASYIK TIDAK BERISIK

Asyik Tidak Berisik

Ada satu hal yang etnik dan menarik. Rumah model khas peninggalan budaya Kalimantan Timur. Ini ditemukan saat saya dan istri, Anggun Aprilia Eka Putri, mengunjungi Kawasan Wisata dan Pendidikan Lingkungan Hidup di kilometer 23, Karang Joang, Kota Balikpapan, lokasi enclosure Beruang Madu, Senin 12 Desember 2016 siang.

NAMANYA Lamin Etam, rumah adat khas dayak, yang seluruh bangunannya dibuat dari bahan kayu. Bukan sembarang kayu. Bahan yang dipakai menggunakan kayu ulin, sebuah kayu khas bumi etam Kalimantan Timur. Kayu ulin atau yang dikenal kayu besi merupakan jenis kayu yang berwarna hitam paling kuat tahan lama.

Memasuki Lamin Etam Beruang Madu begitu asyik tidak berisik ketika menginjak lantainya yang terbuat dari kayu. Langkah kaki lancar tiada mengalami kendala licin lantai serasa menginjak tanah bumi. Semoga saja kami berdua bisa memiliki rumah model seperti ini. 

Lokasinya adem menyenangkan, sebab sirkulasi udara rumah ini sangat baik. Ruangnya luas, terbuka lebar. Hembusan anginnya bisa keluar masuk dari berbagai penjuru. 


Apalagi ditambah sekeliling rumah etam ini bertumbuh banyak pohon hijau rimbun semakin memberi ketentraman. Saat berada di dalam rumah ini memang nyaman, sangat betah untuk dirasakan.

Saat itu menyempatkan diri untuk merebahkan tubuh yang lelah setelah berkeliling kebun Beruang Madu. Meski hanya tidur berlantai kayu, tubuh serasa rileks. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN