GERRY HANYUTKAN PENONTON DALAM SUNGAI KANDILO

Gerry Hanyutkan Penonton 
dalam 'Sungai Kandilo'


Pentas seni musik akustik persembahan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musikus Poltekba yang diikuti puluhan grup band berlangsung meriah. Banyak bakat-bakat anak muda dalam ajang musik ini, tampil bagus mampu menghibur penonton yang hadir.

SAAT siang terik, puluhan grup musik akustik berunjuk gigi di lantai tiga Kampus Politeknik Balikpapan, Jalan Soekarno‑Hatta Kilometer 8, Sabtu 15 Oktober 2016. Pengamatan Tribun, pada pukul 13.25 Wita, event musik ini merupakan terbesar di kampus Poltekba.

Sebanyak 14 grup musik akustik bersaing dalam perlombaan tersebut. Setiap band bisa terdiri dari tiga sampai lima personel. Ketika ditemui, Ketua Even Poltekba Akustik Kompetisi, Ageng Setiabudi, menjelaskan, para peserta berasal dari para pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Kota Balikpapan, juga perguruan tinggi.

"Event tahun ini yang terbesar. Sebelumnya kami selenggarakan tidak sebesar ini," ungkap pria kelahiran Balikpapan ini.

Dari beberapa penampilan peserta lomba ada yang menonjolkan musik daerah dengan kemasan musik pop akustik. Seperti halnya grup band asal Sekolah Menengah Atas 9 Negeri Balikpapan Kilometer 16 membawakan lagu etnik khas Paser yang berjudul "Sungai Kandilo."


Musik lokal khas daerah dibawakan secara apik. Meski berisi nilai-nilai tradisi, dikemas musik modern akustik terdengar sangat ciamik. Kata vokalis grup band ini, Gerry Jenson, mengatakan, tujuan mengambil lagu etnik karena tertarik mau mengenalkan musik daerah ke lapisan masyarakat luas.

"Kami cinta tanah air, bangga punya budaya kami sendiri. Grup kami sudah lama terbentuk, sudah sering membawakan lagu-lagu daerah seperti lainnya ada Buah Bolok dan Leleng," ungkapnya yang diberi nama grup Band Elektro Groovie.

Acara berlangsung semakin menarik, di penghujung senja merupakan momen untuk mengumumkan para pemenang event Akustik Kompetisi Poltekba 2016. Setelah melalui musyawarah tingkat para dewan juri, diputuskan yang menjadi juara ialah dari grup band Sekolah Menengah Pertama 6 Negeri.


Ageng mengungkapkan, melalui acara seperti ini diharapkan akan muncul bibit-bibit baru di belantika musik Kota Balikpapan. Wadah musik mesti sering disediakan supaya generasi muda yang gandrung musik memiliki saluran seni hingga bisa berprestasi di tingkat provinsi , nasional, bahkan kalau bisa masuk ke kancah internasional.

"Ke depan kami akan gelar lebih meriah dan besar. Kami berusaha untuk setiap tahun selenggarakan event musik ini buat kaula muda, para pelajar yang memiliki cita rasa seni musik, demi menumbuhkan pemusik hebat dari Balikpapan," tegas Ageng, yang lahir di Kota Balikpapan ini.[1] ( )


[1] Koran Tribunkaltim, “ Semarak Kompetisi Akustik Poltekba 2016; Gerry Hanyutkan Penonton dalam Sungai Kandilo, terbit pada Minggu 16 Oktober 2016 pada halaman 3 rubrik Tribun Etam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN