GAZEBO BERPAYUNG DAHAN

Gazebo Berpayung Dahan


Panas matahari membara, sudah lama air hujan tidak turun dari langit tinggi. Teriknya matahari menerpa pantai pinggiran perkotaan Balikpapan, bernama Pantai Kilang Mandiri. Hawanya tiada tahan, membuat sekujur tubuh bercucuran keringat.

INIKAH yang dinamakan pesan-pesan alam akan tanda kerusakan alam, Kalimantan Timur. Pantai memang selalu identik berhawa panas. Tiada heran, banyak orang-orang di negara eropa sana, yang jarang ada musim panas, berjemur di bawah sinar ultra violet matahari negeri Indonesia seperti Balikpapan.

Waktu itu, Pantai Kilang Mandiri tenang, angin pun tak kencang, tiada suara berisik gemuruh ombak laut. Pantai terasa nyaman dan tentram. Siang yang panas, bukan lagi hal yang membosankan. Pantai yang bersih menawarkan angin sepoi-sepoi yang nikmat, menjadikan siang itu menakjubkan, Kamis 1 September 2016.

Lokasinya yang berada di tengah keramaian perkotaan Balikpapan, Pantai Kilang Mandiri ibarat oase yang melunturkan rasa jenuh, penghilang dahaga kehidupan, yang mampu memusnahkan kepenatan, menjadi tempat pelarian dari kehidupan yang telah lama diselimuti intrik licik, picik, dan jijik.   

Keindahan alam Pantai Kilang Mandiri di Jalan Jendral Sudirman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur yang menawarkan eloknya air kebiru-biruan, seksinya pohon-pohon kelapa, dan sejuknya karpet rumput hijau yang bersih pada Kamis 1 September 2016 siang. (Jongfajar Kelana)

Suguhan alam Pantai Kilang Mandiri memberi arti sebuah kehidupan, jadi mengerti akan hakikat alam semesta yang sesungguhnya. Tersedianya Gazebo berpayung dahan-dahan pohon kelapa, mengajarkan setiap manusia untuk turut serta melibatkan nilai-nilai harmonisasi alam.

Segala hal sesuatu yang manusia lakukan, bertumpu pada tindakan yang bersahabat bersama alam. Andaikata tidak melakukan ini, malaikat akan menjemput, meluluh-lantakkan semua kesombongan. Kiamat tiba menghancurkan manusia-manusia serakah, bermental sampah. ( ) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN