PESONA INDONESIA PANTAI LAMARU YANG ABIRUPA

Pesona Indonesia Pantai Lamaru yang Abirupa


Menyelam sambil minum air. Inilah pepatah yang saya terapkan, saat melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor dari pusat kota ke daerah pelosok Pondok Pesantren Hidayatullah, Gunung Tembak, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada Kamis 18 Agustus 2016 pagi.

SAYA yang berperan sebagai jurnalis, ke tempat itu melakukan peliputan presmian penerapan teknologi Layanan Keuangan Digital, yang diterapkan untuk pertama kalinya di ponpes ternama di Kaltim. Menariknya selama dalam perjalanan berangkat, saya pun melintasi sebuah kawasan wisata pantai, yang disebut Pantai Lamaru.

Ide langsung muncul, saya tidak mampir ke pantai terlebih dahulu. Nanti saja usai liputan di Ponpes barulah kunjungi pantainya. Penasaran juga. Soalnya belum pernah kunjungai pantainya. Dari luar pintu masuk terlihat bersih, indah cantik dan asri.

Ketika matahari tepat berada di atas ubun-ubun kepala, acara seremonial itu selesai, lalu lanjutkan perjalanan, mampir ke pantai yang saya lewati tadi. Momen inilah yang saya manfaatkan untuk masuk ke area Pantai Lamaru, yang sekilas di awal perjumpaan sudah membuat letupan bahagia.

Suasana yang indah di Pantai Lamaru Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis 18 Agustus 2016 siang. (photo by budi susilo)

Saat mencoba masuk ke dalam area pantai, disambut hawa sejuk yang mampu melunturkan rasa siksa panas ultra violet selama menjejaki jalanan beraspal. Hati bergembira melintasi dalam lorong jalan yang dipeluk oleh pohon-pohon pinus yang tumbuh rindang dan tinggi di kanan dan kiri jalan. Pemandangan ini membuat sedap dilihat mata.

Tidak gratis untuk masuk ke pantai ini, per orang dikenakan Rp 15 ribu untuk hari Senin hingga Jumat sedangkan hari Sabtu dan Minggu dimintai tarf Rp 20 ribu. Bagi mereka yang memakai sepeda motor kena tambahan parkir Rp 5 ribu sedangkan yang mambawa mobil kena uang tambahan Rp 15 ribu.

Namun bila diukur dari nilai retribusinya, kita akan puas menikmati panorma alam bahari Pantai Lamaru. Selain tertata baik indah dan bersih, di dalam pantai ini banyak kelebihannya, ada tempat restoran kuliner seafood dan beberapa wahana permainan, seperti kuda andong, kereta gandeng, transportasi golf cart dan flying fox


Pantainya bersih, cocok untuk duduk bersantai menggelar tikar di pasir pantai bersama keluarga atau dengan orang terkasih, sambil menikmati suguhan minuman air kelapa dan memandang luas air laut dan merasakan kenyamanan tiupan angin pantai.

Di pinggir pantai juga tersedia tempat duduk beton yang masih ditumbuhi pohon-pohon rindang. Saya merasakan sensasi ini, sungguh nikmat, hilang semua rasa lelah perjalanan saya dari pusat kota ke kawasan Kelurahan Teritip yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Ikon Tulisan Pantai
Begitu saya masuk, terlihat jelas ada sebuah tulisan Pantai Lamaru yang ukurannya lumayan besar dengan tinggi tulisan sekitar tiga meter. Tulisan ini diwarnai kuning orange, menghadap ke daratan dan membelakangi lautan. Tulisan ini menjadi ikon pantai, ciri khas yang melekat.

Biasanya ikon tulisan ini jadi incaran bagi para pelancong. Rasanya wajib bagi yang mengunjungi pantai ini mengambil momen gambar foto berlatar belakang tulisan ini, yang menandakan telah menginjak Pantai Lamaru, jadi kenangan indah pernah menyatu bersama alam Pantai Lamaru, di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini. 


Gazebo Pantai
Pantai ini menyimpan fasilitas bangunan gazebo beton yang berada di gundukan bukit mini yang ditumbuhi rumput hijau yang mini. Gazebo ini dekat persis dengan bibir pantai dan menghadap lautan Sulawesi secara langsung.

Saya sempat singgah di gazebo ini. Gazebo ini memikat mata, bentuknya yang kokoh dengan warna cat kuning dan coklat tampil bagus. Saat saya berada di gazebo ini, hembusan angin pantai begitu terasa. Memandangi pantai dari gezebo serasa berada di pemukiman rumah sendiri, bebas lepas memeluk alam bahari Balikpapan yang indah penuh pesona.   


Sepeda Air Bebek
Wahana yang spesial lainnya ialah, sepeda air bebek yang tidak jauh dari area pantai. Sepeda air bebek ini berada di sebuah kolam air buatan yang luas dengan air yang bersih dan tenang. Pinggiran kolam sepeda air bebek ini ditumbuhi pohon-pohon pinus yang akan membuat Anda serasa mengarungi perairan di kawasan pegunungan dengan bebek.

Sarana ini sangat cocok bagi keluarga Anda, mengajak anak-anak pasti terhibur. Mainan bebek ini tidak hanya dikhususkan bagi anak-anak tetapi juga bisa dipakai oleh orang dewasa. Berlibur sambil berolah-raga dengan sepeda air bebek merupakan pilihan tepat mengisi waktu kosong.


Mudah Dijangkau
Bagi yang ingin mengunjungi pantai ini juga, sangatlah mudah. Bagi yang tinggal di luar Kalimantan Timur bisa pilih lajur penerbangan, memakai pesawat terbang mendarat di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kota Balikpapan.

Nah, nanti ketika sudah tiba di bandara Kota Balikpapan, pilih saja naik angkutan umum angkot hijau putih jurusan ke daerah Manggar dengan tarif Rp 5 ribu lalu naik taxi ke jurusan langsung ke Pantai Lamaru dengan biaya sekitar Rp 30 ribu. Atau kalau tidak mau repot langsung sewa saja mobil rental, perjalanan Anda akan lebih leluasa. ( )

Komentar

  1. Salam kenal gan dari Balikpapan
    http://anggialfonso.com/ini-caraku-mencintai-indonesia/

    BalasHapus
  2. wah, saya aja mau kesini gagal terus. Katanya lebih bagus dari manggar yang di sebelahnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SPEEDBOAT TARAKAN TANJUNG SELOR | KALIMANTAN UTARA

PONDOK PESANTREN ASY SYIFA BALIKPAPAN

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN