ARMADA KN WISANGGENI 236


 Berlayar Nyaman

Malam itu Basarnas Kota Balikpapan berangkat menuju perairan Penajam Paser Utara untuk mencari korban kapal nelayan Putar Iraya yang tenggelam di perairan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis 5 Mei 2016 malam.

Saya berkesempatan ikut pencarian Basarnas Balikpapan bersama rekan-rekan wartawan lainnya dari media elektronik. Tim Basarnas Kota Balikpapan mengunakan Kapal Negara  (KN) Wisanggeni 236.

Kapal ini bertolak dari Dermaga laut Somber Kota Balikpapan pukul 00.00 Wita. Kapal dinahkodai oleh kapten Hassanuddin A.Md dengan didampingi sekitar 15 anak buah kapal.

Kapal ini baru lahir di Kota Balikpapan pada 21 Januari tahun 2016. Kelengkapan armada ini untuk memudahkan penanganan bencana di alam perairan laut. Saya baru pertama kalinya bisa ikut naik merasakan KN Wisanggeni 236.Kesan pertama, sungguh nyaman bisa menikmati perjalanan di lautan.

KN Wisanggeni 236 mengapung di perairan Tanjung Harapan Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat 6 Mei 2016 siang turut membantu mencari korban tenggelamnya kapal nelayan Putra Iraya yang tenggelam di perairan setempat. (Photo by Budi Susilo)
KN Wisanggeni 236 menuju ke perairan Tanjung Harapan Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur (Photo by Budi Susilo)

Fungsi KN Wisanggeni 236 sebagai armada penyelamatan di lautan yang ada di Selat Makassar yang masuk dalam jajaran wilayah perairan laut tersibuk di Indonesia bagian tengah.

Saat masuk ke dalam kapal, berbagai fasilitas lengkap tersedia. Di antaranya ada ruang duduk untuk bersantai, ruang hiburan karoke, ada dapur kuliner, kamar tidur dan kamar mandi, ruang kemudi yang lengkap dengan teknologi dilengkapi kamera yang bisa mendeteksi di kegelapan malam serta melacak di bawah laut. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN