TRANSMIGRASI SP6 DESA SALIMBATU

Melintasi Air Pasang

  
Suatu hari, cuaca sedang cerah, sekitar 09.30 Wita, pada Minggu 20 Maret 2016. Saya bersama kawan seperjuangan melakukan perjalanan ke daerah transmigrasi SP 6 Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

BAGI saya, ini adalah pengalaman pertama mengunjungi lokasi transmigrasi SP 6 Desa Salimbatu. Untuk mencapai ke lokasi supaya mudah dan singkat waktu tempuh, syaratnya menggunakan alat transportasi air, mengarungi Sungai Kayan yang airnya berwarna coklat.

Saya berangkat berangkat dari pinggiran Taman Sungai Kayan, Jalan Sudirman, Langgar Al Inayah Tanjung Selor, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Pergi bersama Direktur Badan Bina Potensi Masyarakat, Moch Anwar Prasetyo dan Faisal Rizal serta Ketua Kamar Dagang dan Industri Kaltara, Andi Mutung.

Perjalanan susuri sungai.  Tidak sampai 45 menit lebih, perahu motor kami bisa sampai ke lokasi. Perahu kami memasuki parit buatan, yang bisa langsung menuju ke tengah pemukiman penduduk transmigran dan balai pertemuan masyarakat.

Menginjak daratan transmigrasi SP 6 Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara pada Minggu 20 Maret 2016 siang.

Untung saja air sungai sedang pasang, perjalanan kami bisa lancar mampu masuk ke pemukiman penduduk. Jika air sungai surut, tentu saja kami akan berjalan kaki, yang jaraknya dari bibir sungai ke perkampungan sepanjang tiga kilometer.

Sudah tentu akan sangat melelahkan. Warga sudah menyambutnya di balai pertemuan warga transmigran. Maklum saja, di balai akan diselnggarakan pembentukan koperasi pertanian. Sukses ya :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN