PERAHU KAYU

Perahu Kayu


Menggenang di atas aliran air Sungai Kayan, seberang daratan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, sebuah perahu kayu hanya terdiam mengapung di atas air. Tak bergerak menuju ke suatu tempat, Jumat 12 Februari 2016 pagi.

TAK ada layar perahu yang terkembang. Aktivitas menjaring ikan pun tidak. Perahu yang terlihat nampaknya sedang tertidur, berdiam di tengah perairan sungai. Aliran sungai yang tak bergelombang membuat perahu tampil elegan, tenang memancarkan sikap kalem.

Perahu kayu membelai lapisan Sungai Kayan. Romansa perkawanan antara perahu dan sungai. Satu kebersamaan yang akur, menjalin perkawanan. Perahu diuntungkan mampu mengapung bebas di air. Sungai bersikap ikhlas tak berharap sesuatu, memberi pelayanan sebagai tempat pijakan perahu.

JONGFAJAR Kelana

Sering orang mengatakan, pergi berladang menjemput rezeki, tetapi ingat jangan merusak kekayaan alam hayati. Meski tanah, udara, sungai dan laut itu benda mati, anggap mereka itu sebenarnya juga mahkluk hidup, yang perlu dianggap sebagai teman yang selalu diperlukan. Jaga, untuk sama-sama keselamatan.  ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN