DERMAGA TIDUNG PULAU BUNYU

Setiap Hari Banyak yang Bersandar

Banyak sepeda motor berlalu-lalang di Dermaga Tidung. Beberapa Mobil roda empat pun terlihat melintasi Dermaga Tidung, Sabtu 17 Oktober 2015, pagi itu. Keramaian kendaraan bermotor ini adalah ciri khas sebuah kehidupan dari Pulau Bunyu, sebuah tempat yang jauh dari keramaian Kota Tarakan dan ibukota Provinsi Kalimantan Utara, Tanjung Selor.

DERMAGA TIDUNG, berandanya Pulau Bunyu. Dermaga ini menandai Bunyu sebagai daerah yang mengikuti tuntutan zaman. Sering kali, di dermaga ini bersandar kapal besar, pengangkut sumber minyak bumi, juga kapal-kapal speedboat pengangkut barang dan orang-orang yang akan menepi ke Bunyu dan berpergian dari Bunyu.

Itulah Pulau Bunyu, walau daratannya kecil dan berhawa panas, kekayaan alam minyak dan gasnya sangat luar biasa, seakan tidak ada habisnya. Sebagian besar, warga Bunyu ketika ingin memasak sudah tidak lagi bergantung pada kayu bakar. apalagi kompor minyak tanah.

Penduduk Bunyu sangat mudah mendapatkan gas, layaknya memakai air keran karena daerahnya telah dirancang konsep City Gas, masing-masing rumah tangga terpasang meteran gas, tidak perlu lagi membeli dan repot-repot mencari tabung gas.    

Dermaga Tidung Pulau Bunyu Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Sabtu 17 Oktober 2015 pagi. Itulah perahu speedboat alat transportasi penghubung lintasan Pulau Bunyu-Kota Tarakan. (Photo by budi susilo)

Bunyu berada dalam pangkuan Kabupaten Bulungan, masuk di kecamatan tersendiri yakni Kecamatan Bunyu, Provinsi Kalimantan Utara. Daratan Bunyu berada di tengah perairan laut, tetapi banyak orang yang berpenghuni disini. Kelengkapan infrastrukturnya pun tidak kalah dengan tetangganya perkotaan Tanjung Selor.

Tidak heran kemudian, Penjabat Bupati Bulungan, Syaiful Herman mencoba menganalisis di masa mendatang, jika suatu saat Kecamatan Bunyu bisa diubah menjadi kotamadya karena ada daya dukung infrastruktur yang bisa diandalkan. Satu di antaranya ialah Dermaga Tidung, yang telah dirasa cocok sebagai tempat keramaian publik. ( )     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN