GUNUNG PUTIH TANJUNG PALAS KALIMANTAN UTARA

Mendaki Gunung Putih Tanjung Palas

PAGI mulai terang. Sinar fajar menghangatkan bumi Tanjung Selor pada Minggu 10 Mei 2015 lalu. Saya pun menyempatkan hari itu untuk berpergian ke arah Kecamatan Tanjung Palas melewati jalur darat. 

Sebenarnya untuk ke Tanjung Palas ada yang lebih dekat menggunakan transportasi air. Warga setempat menyebutnya perahu tambangan. Naik perahu ini dikenai tarif Rp 5 ribu untuk per orang dan yang menggunakan sepeda motor kena tambahan Rp 5 ribu. 

Saya lebih memilih melalui jalur darat meski harus memutar jauh melewati jalan trans Kalimantan yang kondisi jalannya berdebu, berkerikil dan berlubang, belum lagi sering bertemu kendaraan truk membuat suasana perjalanan sangat tidak asyik.

Berangkat dari Tanjung Selor pada pukul 09.00 Wita. Menuju ke arah Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Jarak yang ditempuh memakan waktu sekitar 40 menit lebih.

Di Desa Gunung Putih terdapat lokasi wisata alam berupa Gunung Putih yang menawarkan ketinggian puncak yang bisa melihat panorama wajah Tanjung Palas, sebagian aliran Sungai Kayan, dan belahan bumi Tanjung Selor. 

Saat berada di puncak Gunung Putih Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada 10 Mei 2015 siang. Di puncak ini kita bisa melihat pemandangan Tanjung Palas dan sebagian Kecamatan Tanjung Selor. (photo selfie)

Tempatnya asyik. Waktu saya tiba di Gunung Putih Tanjung Palas tidak perlu menunggu lama, langsung mendaki melihat hutan belantara Gunung Putih. Sangat mudah untuk menaiki gunung ini karena telah diberi anak tangga yang sudah dibeton semen.

Saat sudah berada di tengah-tengah gunung menuju puncak, udaranya terasa sejuk. Banyak pohon-pohon hijau tumbuh rindang dan suara paduan suara serangga tonggeret yang ramai. 

Jarak dari daratan menuju puncak tidak jauh. Paling hanya berjarak satu kilometer saja, namun medannya saja yang membuat terasa lama karena berkelok-kelok dan menanjak. Ketika di puncak, kita bisa bersantai duduk di sebuah gazebho yang telah disediakan dan juga duduk di bebatuan cadas. 

Tempat ini selain sebagai tempat wisata, ternyata juga bisa berfungsi sebagai lokasi olah-raga yang tepat. Ingat, mengunjungi Gunung Putih Tanjung Palas ini, sebelum mendakai harus dalam kondisi tubuh bugar, perut jangan lapar supaya tidak lemas, serta dianjurkan membawa banyak bekal air minum. ( )


SUMBER:  Tribunkaltim.co http://kaltim.tribunnews.com/2015/05/24/sensasi-mendaki-gunung-putih-tanjung-palas?page=2

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN