ERANYA VISUALISASI

Eranya Visualisasi

NGAMBIL gambar visual itu ternyata tidak asal-asal. Mesti ada trik khusus agar gambar yang dihasilkan membuahkan hasil yang maksimal dan 'enak'. 

Selama ini, ada orang yang merekam sebuah objek dengan media video, tetapi tidak diperhatikan betul sisi fokusnya. 

Biasanya, ini disebut video-video amatir. Sementara, mereka yang sudah tahu trik jitu mengambil gambar, sering disebut video profesional yang biasa dilakoni oleh jurnalis-jurnalis televisi. 

Nah, kebetulan saja, pada Sabtu 20 Desember 2014, Tribun Kaltim menggelar pendidikan video visual selama sehari. Sebab, pada tahun 2015 nanti, tribun grup pers daerah ini akan mempraktikan konsep digital visual. 

Burung-burung bertengger di ujung ranting pohon kering (photo by budi susilo)
Sebagai pengajarnya, Tribun Kaltim mendatangkan pemateri profesional di bidangnya. Sosok yang dimaksud adalah Alexander Wibisono dari Kompas TV Jakarta. Kalau mau ngobrol-ngobrol lebih mendalam bisa ke emailnya, pulang.pergi2014@gmail.com

Pria asal Balikpapan ini membagi ilmu fokus kamera visual. Satu di antaranya ilmu mengenai medium shoot (bagian pinggang), medium close up (sorot ke bagian ulu hati), big close up (ekspresi wajah), dan extrem close up shoot (mata tersorot). 

Selain itu, bung Alex pun juga membagi ilmu tentang menulis naskah televisi. Tidak jauh berbeda dengan yang versi media cetak atau online, tulisan untuk televisi lebih konkrit, lebih banyak menonjolkan bahasa bertutur.

Garis besarnya, menulis naskah di televisi harus ingat syarat, yakni tulisan harus berdasarkan hasil wawancara. Tulisan pun harus jelas, pokok pikirannya tertuang dalam satu kalimat, jangan menggunakan bahasa-bahasa jargon.

Kemudian, gunakan kata-kata dengan khas yang sederhana, ringkas dan menarik serta lebih cerderung penggunaan kalimat yang aktif. Dan terakhir, kalimatnya tidak klise, atau penggunaan kata yang hilang maknanya. ( )  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN