HEMAT AIR | CILEUNGSI | BOGOR | JAWA BARAT

Hemat Air


HEMAT Air !!! “Setetes air dapat memberikan kehidupan. Walau setetes, jangan sia-siakan air.” Tulisan biru, perintah “Hemat Air” ini tergores jelas di sebuah lempengan besi bernama papan reklame yang tertancap kuat di atas tanah merah, yang sedikit ditumbuhi rerumputan hijau berukuran pendek. 

Sangat mudah terpandang oleh kedua bola mata, sebab letaknya sangat strategis, persis berada di pinggiran Jalan Raya Narogong, Celungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu 8 November 2014.

Setiap harinya, sederetan kendaraan roda empat dan roda dua menghiasi di jalan ini. Saban hari, tempat ini tidak pernah sepi, selalu diramaikan oleh kemacetan lalu-lintas. 

Mobil seperti pick up, mobil jenis sedan, sepeda motor, bahkan mobil truk-truk super besar mengular panjang ke belakang, menyerupai bebek-bebek yang membentuk sebuah barisan, inilah kemacetan lalu-lintas pada kaum urban.

Dua anak sekolah berjalan di sepanjang Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Bogor pada Sabtu 8 November 2014. Keduanya tampak menikmati kondisi lingkungan yang kurang bersahabat. (photo by budi susilo)

Belum lagi, bila siang terik, tempat ini sangat tidak menarik. Kalau matahari sedang panas menyengat, maka membuat tubuh tak lagi energik, semangat hidup menjadi kendur. 

Ketika angin berhembus kencang pun, dianggap sama seperti halnya matahari terik. Tiupan angin dibenci, karena kesannya membawa malapetaka badai debu, sekali terbang, debunya bisa tersangkut di mulut dan kelopak mata orang. 

Seorang pengendara sepeda motor melintas di Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Bogor pada Sabtu 8 November 2014. Bagi pengendara sepeda motor jalur ini sangat tidak aman dan nyaman karena polusi udara debu jalanan. (photo by budi susilo)

Saat cuaca cerah, atau juga posisi matahari persis di atas kepala, maka tanah pun akan kering gersang. Butiran debu seukuran biji atom akan bertebaran kala terlindas roda kendaraan yang melaju cepat bak kilat. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN