MEMBACA MEMBERI SEGUDANG MANFAAT

Tubuh dan Mental Menjadi Prima

BANYAK orang yang belum tahu yah. Ternyata manfaat dari kegiatan membaca itu tidak melulu menambah wawasan pengetahuan atau intelektual si pembacanya loh. 

Lebih dari ini, siapa saja mereka yang dalam kesehariannya mengisi dengan kegiatan membaca apalagi juga tambahan dengan aktivitas menulis, ternyata akan memperoleh segudang manfaat.

Yang terpenting syaratnya, bahan bacaan tersebut haruslah bermuatan positif, tidak mengandung negatif, seperti menghasut diri menjadi pribadi yang kejam, bengis, dan merusak segala hal kehidupan ini. 

Selama bahan bacaan mengandung nilai-nilai positif, membuka cakrawala berpikir, dan menumbuhkan keberadaban, maka efek yang diperoleh dari membaca bukan lagi sekedar berubah jadi orang pintar.

Situasi wilayah di perbatasan Kabupaten Gorontalo Utara pada Minggu 21 April 2013 (photo budi susilo)
Mengutip dari Medic Magic,[1] buat siapa saja yang gemar membaca, otomatis akan memperoleh ‘gizi’ plus, berupa kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Mereka yang rajin membaca, tubuh dan mentalnya akan prima. Berikut ini penjelasannya: 

Mengurangi Stres
Stres yang terjadi dalam tubuh dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental anda. Sementara penelitian ilmiah menunjukan bahwa membaca dapat mengurangi stres dalam pikiran dan perasaan anda.

Meningkatkan Konsentrasi
Melakukan banyak pekerjaan sekaligus dapat mengganggu tingkat konsentrasi anda. Meskipun konsentrasi yang diperlukan dalam rangka bagi anda untuk menjadi lebih produktif. Membaca saja dapat meningkatkan konsentrasi anda.

Menenangkan Pikiran
Salah satu alasan mengapa membaca disebut sebagai kegiatan rekreasi yang dapat menenangkan pikiran anda setelah anda selesai membaca. Terutama ketika bahan bacaan anda disertai dengan gambar yang indah.

Memperkuat Memori
Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa membaca mampu memperkuat memori sehingga anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer di usia tua.

Otak Sehat
Membaca dapat merangsang otot-otot fungsi otak dan neuron anda. Hasilnya, otak anda akan lebih tajam dan tentu saja menjadi sehat. ( )




[1] Manfaat Baca Buku Bagi Kesehatan sumber: http://bandung.bisnis.com/read/20141001/23/518143/manfaat-baca-buku-bagi-kesehatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN