BURUH

Buruh


ADA kewajiban, maka ada hak. Ada buruh, tentu saja ada upah. Pekerja atau buruh merupakan satu di antara mesin produksi dalam sebuah industri. Tanpa ini, tak akan berarti. Tanpa ini, perputaran roda ekonomi akan berantakan. 

Tega saja bila ada pemilik modal tak menghargai hak-hak para pekerja. Dan sebaliknya, kebangetan juga jika para pekerja lebih sering rajin berteriak menuntut hak, namun tanpa diimbangi penuntasan kewajiban kerja.

Pemodal dan buruh ibarat dua sahabat. Satu sama lain saling membutuhkan. Kehilangan di antara satu, maka akan terjadi kepincangan. 

Begitu pun jika satu di antaranya ada yang saling dominan, merasa superior dan otoriter menindas seenak nafsunya, maka sirkulasi produksi pun rusak, ekonomi mengalami kehancuran.

(sketsa by budi susilo)

Pemilik modal dan pekerja ibarat yin dan yang. Keduanya semestinya seimbang, saling melengkapi, seperti perwujudan cinta sejati sepasang suami dan istri di dunia nyata.

Lebih asiknya tidak saling mendominasi, tidak saling menjatuhkan, tidak menindas satu sama lain. Keduanya harus jalan beriringan, walau banyak rintangan batu sandungan. 

Sangat indah bila keduanya guyub, berjalan harmonis. Sama-sama sejahterah, hidup berkeluarga. Sama-sama adil, hidup serasa tentram dan damai. 

Jika keduanya sering bertengkar, selalu perang, tentu saja hidup pun tak tenang, dihantui gelisah. Jantung berdebar-debar, hati pun akan merasakan pahitnya kehidupan. 

Yang pasti, risiko yang akan dihadapi, harkat martabat satu di antaranya pasti ada yang terinjak-injak. Yang menang jadi arang, yang kalah jadi abu. Uh, menyeramkan ya. ( )   
 

Komentar

  1. buruh memang sering diremehkan, padahal mereka sebenarnya juga memegang peran penting....

    BalasHapus
  2. Berdasarkan pengalaman, biasanya mereka2 yang meremehkan buruh pasti umur industri tsb tak akan berlangsung lama, ya kan. Nah, semestinya satu sama lain, pemodal dan buruh, harus sama2 sejahterah. Ya toh, Hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN