BERBOHONG DAN SOMBONG

Berbohong dan Sombong   

BIASANYA orang yang beriman kepada Allah SWT selalu ingin merasa dicintai oleh Allah. Begitu pun dalam menjalani hari-harinya, orang beriman selalu berharap dapat ridho dari Allah.

Mereka yang beriman akan mematuhi segala perintah dari Allah, dan akan menjauhi semua apa yang dilarang oleh Allah, sebagaimana yang telah termaktub dalam Al Quran, dan tuntunan hidup dari nabi Muhammad SAW. 

“Orang yang beriman tidak mau berbuat apa yang telah dilarang oleh Allah. Tidak mau melakukan perbuatan yang dimurkai oleh Allah,” tegas Ustad Ahmad.

Dia menyampaikan pesan moral itu kepada kaum muslim, ketika dalam kutbah jumat di Masjid Al Awwabin, Jalan Raya Ragunan, Asrama Polsek Metro Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (2/5/2014).

Seperti halnya berkata bohong, demi niatan untuk mencelakakan orang merupakan perbuatan yang terlarang. Bagi mereka yang tidak bersikap jujur, tentu akan dimurkai oleh Allah. 

Tren slogan jaman sekarang Berani Jujur Hebat (photo by khalid nurdien)

Gambaran contoh, biasanya sekarang ada pedagang yang telah berani bersumpah, bahwa barang yang dijualnya merupakan barang berkualitas, terbaik dari barang-barang yang lain. 

“Harus jujur. Tapi sekarang ada pedagang yang hanya bersumpah palsu, hanya memberi janji. Hanya berspekulasi supaya dapat mengejar untung besar. Inilah perbuatan yang dimurkai Allah,” tuturnya.

Perbuatan lain yang dimurkai oleh Allah adalah sifat sombong. Ada orang miskin tapi sombong. Hidup miskin saja sombong, apalagi ketika punya harta benda berlimpah, maka ini akan dapat murka dari Allah.

“Kita bisa simak dari kisah Qarun.  Orang kaya yang sangat sombong. Tapi perjalanan hidupnya, akhirnya di beri azab oleh Allah, apalagi mereka yang miskin dan sombong pasti juga sama akan dapat murka,” ungkap Ahmad.

Karena itu, tambah Ahmad, sesungguhnya Allah tidak akan mengasihi orang-orang yang telah masuk dalam golongan sifat sombong. “Mari kita dekatkan diri kepada Allah, supaya kita dapat ridho dari Allah,” katanya. ( )
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN