WARTAWAN BERWARGANEGARA INGGRIS-SWEDIA MATI DITEMBAK DI AFGHANISTAN

Korban Adalah Jurnalis Radio Nasional Swedia

SEORANG pekerja media (jurnalis) berkewarganegaraan Inggris dan Swedia telah terbunuh di Afghanistan. Jurnalis yang dimaksud adalah jurnalis radio bernama Nils Horner.

Ia tewas kena peluru senjata api di lokasi yang terkenal ramai penduduk, sekitaran jalan bundaran daerah Wazir Akbar Khan, Kabul, Selasa pagi (11/3/2014).

Saat dirinya dilarikan ke rumah sakit, nyawanya tidak tertolong. Ia meninggal dunia di tengah perjalanan menuju rumah sakit.

Situasi Kabul Afganistan dilihat dari atas (photo by bbc.com)
 
Sementara pelakunya yang merupakan seorang pria telah melarikan diri. Kini masih dalam pengejaran, pelaku masih berstatus buron.

Atas kejadian itu, Kementrian Luar Negeri tidak tinggal diam, akan menindaklanjuti kasus terbunuhnya jurnalis radio tersebut. Dan Duta Besar Swedia pun telah memberitahukan kematian Nils kepada keluarganya di Swedia.

Seorang wartawan BBC bernama Caroline Wyatt, menjelaskan, selama ini daerah Wazir Akbar Khan merupakan daerah teraman, sebab penjagaannya sangat ketat.

Karena itu, daerah ini banyak ditempati orang-orang, terutama para warga negara asing seperti di antaranya orang keduataan asing dan diplomat.

Berdasarkan keterangan dari Peter Semneby, diplomat Duta Besar Swedia di Kabul Afghanistan, sebagaimana mengutip dari Associated Press, bahwa Horner merupakan seorang koresponden radio nasional di Swedia.

Dia menambahkan, Horner memiliki kewarganegaraan ganda. "Kami mengetahui kalau dia memiliki kewarganegaraan Inggris dan kewarganegaraan Swedia. Keluarganya sudah kami beritahu," kata Peter.

Sementara seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri menjelaskan, pihaknya telah menerima laporan kematian Horner di Wazir Akbar Khan. “Kami akan menginvestigasi kasus kematiannya,” ujarnya.

Sedangkan berdasarkan keterangan dari Taliban, yang telah diwawancarai kantor berita AFP, bahwa Taliban bukan dalang dibalik kematian Horner, karenanya Taliban tidak merasa bertanggung jawab. ( )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN