GELIAT KOTA TUA JAKARTA 8


Gedung Pelni Yang Dinanti  

ADA yang berbeda dari penampilan beberapa bangunan-bangunan kuno di Kota Tua Jakarta. Satu di antaranya deretan bangunan bertingkat yang berada persis dekat pinggiran kali besar. 

Ini saya ketahui kala di pagi hari menyempatkan diri berkunjung ke Jalan Kali Besar Timur, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari Jakarta Barat, pada Kamis 13 Maret 2014 lalu.

Sebelumnya, kondisi bangunan ini tak terawat. Seakan terlihat tak berpenghuni dan kusam. Jaring laba-laba mudah ditemui, di sudut-sudut bangunan. 

 
Gedung Pelni di Kota Tua Jakarta (photo by budi susilo)

Tentu saja, bagi mereka yang masih paranoid akan hal-hal mistik, pasti bangunan ini akan dianggap sebagai lokasi yang angker, horor penuh misteri. Ih ngeri. Serem, bikin atut ajah sih.  

Pergantian tahun berlangsung, 2014 masehi bergulir. Kini mulai ada renovasi gedung, cat temboknya dibuat lebih cerah, putih ceria.

Kondisi bangunan juga tampak lebih baru dan segar. Memang ini sengaja agar menciptakan kesan positif, dan layak untuk dikunjungi dan ditempati berlama-lama. 

Walau model gedung sudah bisa dibilang uzur, tapi kesan indah dan unik begitu memancar. Sungguh beraura, sangat mengesankan. 

Gedung Pelni di Kota Tua Jakarta (photo by budi susilo)

Kata seorang pekerja bangunan yang sempat saya temui, bahwa bangunan tersebut akan digunakan untuk perkantoran Pelni. 

Kebetulan juga, disebelahnya juga ada bangunan yang serupa, bermodel kuno, bergaya eropa jaman dahulu kala, era pemerintahan Hindia Belanda. 

Tetapi untuk gedung yang satu ini sudah berfungsi, telah dimanfaatkan sebagai tempat perkantoran Jasaraharja.

Sebagai warga Jakarta tentu bahagia, bila ada perbaikan gedung tersebut, agar ke depannya, komplek Kota Tua bisa menjadi lokasi wisata urban yang tak mengecewakan bagi masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. ( )


Komentar

  1. Makanya pak sudah saat nya bangunan tua seperti di atas di perbaiki. Biar tidak angker dan masyarakat bisa menikmati peninggalan masa lalu untuk pembelajaran masa depan.

    Salam dari Kontraktor Bangunan Jakarta Raya.

    BalasHapus
  2. Hahaha setuju juga pak, dan siapa tahu jga dg suasana horor (angker) jga bisa jadi lokasi wisata malam yang keren, yg bsa mengguncang adrenalin. Pastinya byk turis yg semakin suka datang, beriwisata malam hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN