AS DAN UNI EROPA BEDA SIKAP PADA RUSIA

Hubungan Dagang Membedakan Pemberian Sanksi
 
Pihak Amerika Serikat dan Uni Eropa bereaksi akan memberikan sanksi ekonomi kepada Rusia. Keluarnya keputusan ini dilatar belakangi sikap Rusia dalam menghadapi krisis semenanjung Krimea di Ukrania.

Sikap Rusia terhadap Ukrania ini, berdampak Rusia akan dikucilkan oleh dunia barat. Akan tetapi, dalam perkembangannya, sikap AS dan Uni Eropa dalam pemberian sanksi pada Rusia tentu berbeda sikap, ada yang keras, ada yang masih melunak.

Amerika Serikat telah mengambil sikap konkrit dengan pelarangan pemberian visa bagi Rusia dan juga telah membuat aturan dasar, yang pokok intinya memberikan sanksi kepada Rusia.

Sementara pihak Eropa, sejauh ini baru sebatas mengeluarkan ancaman-ancaman yang serupa dengan Amerika Serikat. Andaikan persoalan Rusia dan Ukrania tidak dapat diselesaikan lewat langkah diplomatik, maka Uni Eropa pun akan memberlakukan sanksi seperti yang dimaksud.

(Sumber WTO, US. Census Bureau. Eurostat)



Berdasarkan penilaian para analis, sebenarnya melihat hubungan perdagangan Eropa dan Rusia selama ini, maka akan mempengaruhi sikap Uni Eropa pada Rusia. Uni Eropa dalam melihat kasus Crimea, akan sangat berhati-hati dalam menilai.

Penjabarannya dapat dilihat di peta, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan akan energi di Uni Eropa masih sangat bergantung pada Rusia. 
 
Berbeda dengan Amerika Serikat, mengenai pasokan energi tidak lagi bergantung pada Rusia, sebab negara Amerika Serikat sudah bergerak ke arah swasembada energi.

(Sumber WTO, US. Census Bureau. Eurostat)



Pandangan lainnya, Uni Eropa bersama Rusia memiliki hubungan perdagangan yang mampu raih pendapatan lebih dari 460 miliar dollar.

Sebaliknya hubungan perdagangan antara Amerika Serikat dan Rusia hasilnya lebih kecil bila dibandingkan kerjasama Uni Eropa bersama Rusia. Hanya mampu capai pendapatan senilai 38 milyar dollar. ( )

Sumber mengutip dari: cnn.com, Senin 10 Maret 2014,
http://edition.cnn.com/2014/03/10/business/russia-gas-and-trade-with-eu-u-s-/index.html?hpt=ibu_mid


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN