WAJAH DESA GORONTALO 6

Separuh Botu Moputi Gundul


KALA menuju Gorontalo Utara, aku melintas di Jalan Trans Sulawesi di daerah Kabupaten Gorontalo. Waktu melaju menggunakan kuda besi ku, persis dalam pandangan ke depan, timbul rasa aneh sekaligus sedih. 

Sebab aku melihat kondisi perbukitan di daerah Kabupaten Gorontalo mengalami lahan kritis. Apa sebenarnya yang terjadi ? Kenapa  bisa terjadi demikian ? Begitulah dalam benak pikiran ku kala itu.

Ini persisnya berlokasi di kawasan Desa Botu Moputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu (21/4/2013).

Bertepatan hari Minggu, sebuah penanggalan merah masehi, saat itu jalan Trans Sulawesi agak sepi, tidak sepadat di hari-hari biasanya.

Perbukitan yang aku lihat oleh mata telanjang sungguh memiriskan. Walau tidak menyeluruh lahan kritisnya, tetapi tetap saja itu merupakan hal yang buruk bagi kelestarian alam Gorontalo. 

Bukit itu sudah tidak lagi menghijau seperti di daerah sekelilingnyam yang masih ditumbuhi beberapa pepohoan dan rumput ilalang yang menghijau. Tentu saja, melihat situasi itu, diprediksi saat masuk musim penghujan tentu akan rawan bencana longsor.

Apalagi di bawah bukit itu, ada aliran sungai, eksesnya sungai itu akan mengalami pendangkalan jika hujan turun bedurasi lama dan deras, karena tanah dan bebatuan kerikil di bukit itu turun terbawa ke bawah oleh siraman air hujan. 

Bisa saja, sungai akan mendangkal. Sungai tidak mampu lagi berfungsi sebagai sirkulasi aliran air dari hulu ke hilir. Tentu saja, apa yang namanya banjir bandang dan bencana longsor di perkampungan warga akan menjadi tamu yang tidak diundang dan di harapkan.

Tampaknya, bukit itu seperti bekas dari kegiatan perkebunan. Usai melewati masa panen kebun, lahan pun berubah menjadi gundul, gersang dan mengerikan. 

Harapannya, mereka yang memanfaatkan lahan itu harus bertanggungjawab. Kembalikan lagi pada seperti semula, buat reboisasi, penghijauan rindang sebelum alam nanti akan murka dan membalas buruk kepada Gorontalo Indonesia Kita. ( )

 
Bekas kebun lahan jadi gundul rawan longsor di Desa Botu Moputi Kabupaten Gorontalo, Minggu (21/4/2013)_budisusilo

Bukit di Desa Botu Moputi dilihat dari jarak dekat, Minggu (21/4/2103)_budisusilo

Lahan perbukitan berstatus kritis, Minggu (21/4/2013)_budisusilo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN