MASJID AL MUHLISIN GORONTALO

Berdiri Di Atas Tanah Budel

Lokasi bangunannya berada di pinggir jalan besar bernama Jalan 23 Januari. Yah, inilah masjid Al Muhlisin Kota Gorontalo, memiliki sejarah terpenting bagi warga masyarakat Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Utara.

Keberadaan masjid ini, adalah demi alasan untuk menciptakan ketertiban dan menjamin keamanan umum masyarakat saat itu, dan bahkan sampai kini serta masa depan nanti.

Persoalannya, tanah yang kini di dirikan jadi masjid ini dahulunya sangat berpolemik, satu sama lain beberapa warga mengklaim sebagai pemilik tanah, atau dalam istilah orang setempat menyebutnya budel.

Menara yang dimiliki Masjid Muhlisin Kota Gorontalo_budisusilo

“Dulu tanahnya berstatus budel. Banyak yang mengaku punya hak milik,” ujar Yakub Gani (42), pengurus Masjid Muhlisin saat ditemui usai menjalankan ibadah sholat, Jumat (15/3/2013) siang.

Karena pertimbangan kemaslahatan umum, maka seorang tokoh masyarakat setempat bernama (almarhum) Muchlis Rahim melontarkan gagasan agar tanah yang statusnya ‘abu-bau’, lebih baik dimanfaatkan untuk pembangunan mesjid.

“Daripada jadi masalah terus, sampai berkepanjangan tanah langsung dibuat mesjid, biar semuanya bisa memanfaatkan. Warga disini semuanya setuju kalau buat masjid,” kata Gani.

Ia tidak tahun persis, kapan tanggal dan bulan masjid di dirikan. Namun keberadaan masjid, sudah ada sejak tahun 1960-an, difungsikan sebagai tempat ibadah dan segala hal kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan Islam. 

Masjid Al Muhlisin Kota Gorontalo_budisusilo

“Renovasi besar-besaran bangunan masjid dilakukan di tahun 2004,”  ungkap Gani, yang kesehariannya menekuni sebagai pedagang kecil ‘klontongan’ di Jalan 23 Januari ini.   

Pembangunan masjid bukan asal sembarangan dibangun, melalui perencanaan matang, semua warga secara mufakat setuju masjid diberi nama Muhlisin yang memiliki makna orang-orang yang ikhlas untuk beribadah mencari ridho Allah.

“Nama mesjid juga sama dengan nama almarhum Muchlis Rahim, sang pelopor pendiri masjid,” ujar Gani.

Bagi warga Keluruhan Ipilo, nama Muchlis Rahim sudah tidak asing lagi. Beliau ini adalah tokoh masyarakat setempat, sekaligus sebagai politisi Gorontalo, yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Gorontalo masa silam.

Suasana interior masjid Al Muhlisin Kota Gorontalo_budisusilo

Selain itu, jelas Gani, Muchlis Rahim merupakan ayah kandung dari Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, yang saat ini mendampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang dalam pemerintahannya mereka sering sebut NKRI (Nyata Karya Rusli Idris).

“Dulu saya sering ketemu pak Muchlis di masjid. Orangnya baik, ramah dengan warga disini. Berkharisma sekali,” urai Gani.

Masjid berlantai dua dengan konsep arsitektur mernyerupai mesjid Demak di tanah jawa. Ini tamak terlihat dari desain interior mesjid yang dilengkapi empat pilar sebagai penopang kekuatan atam masjid.

Untuk kubah interiornya pun, menyuguhkan persegi empat bersusun dengan corak warna penuh coklat.  Jarak antar lantai dengan atap masjid lumayan tinggi hingga membuat kesan interior masjid begitu lapang dan adem, nikmat untuk dihuni.

Tampak depan masjid al Mushlisin Kota Gorontalo_budisusilo

Pada bagian eksterior, depan  masjid dihiasi aseoris empat pohon palem. Kesan yang didapat tentu serasa di negeri timur tengah. Pohon itu  juga berfungsi untuk menyerap air hujan dan memberikan suasana lestari masjid.

“Pohonnya untuk peneduh kendaraan motor. Tapi kedepan kami akan bangun juga kanopi masjid biar kalau terik panas dan hujan tidak langsung ke masjid,” ungkap Gani.

Selain itu, tambah Gani, pada bagian samping kanan masjid direncanakan akan dibangun Taman Pengajian Quran, bagi anak-anak disekitaran masjid maupun luar kampung masjid. 

Umat muslim memadati sholat jumat di masjid Al Muhlisin_budisusilo

Menurutnya, masjid itu bukan saja sebagai tempat ibadah, namun bisa juga sebagai sarana tranfer pendidikan, utamanya soal ilmu keagamaan Islam.

“Kami disini tiap minggunya ada pengajian setiap seminggu sekali. Tadarus Quran tiap usai sholat Shubuh. Siapa saja, dari daerah mana saja, boleh ikut bergabung disini,” kata pria kelahiran 12 Oktober 1971 ini.

Karena itu, bagi sekalian semua umat muslim yang ada di provinsi Gorontalo, sekali-kali untuk singgah ke masjid yang nyaman, adem, tentram ini, di alamat Jalan 23 Januari Kota Gorontalo. ( ) 

Komentar

  1. cantik masjidnya, semoga senantiasa dimakmurkan jamaahnya..

    BalasHapus
  2. insyaallah, amin ya robal alamin, mampir-mampirlah di Kota Gorontalo sini, hehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN