GORONTALO PUNYA MALL

Gorontalo Punya Mall
Oleh: Budi Susilo

Sejak Gorontalo memisahkan diri jadi provinsi tersendiri, berbagai pembangunan terus dilakukan. Satu di antaranya perubahan yang terjadi di Kota Gorontalo, terjadi kehadiran sebuah pusat perbelanjaan, bernama Gorontalo Mall. 

Tidak di duga-duga sebelumnya, keberadaan lokasi belanja terbesar ini tersuguhkan di pusat Kota Gorontalo. Orang-orang asal Gorontalo yang telah lama merantau lama di daerah lain seperti Manado Sulawesi Utara sempat tidak percaya kalau di Gorontalo telah ada sebuah Mall.

Gorontalo Mall tampak depan yang sedang di garap pagarnya, Rabu 31 Oktober 2012_budisusilo

Bangunan Mall menampilkan warna silver, memancarkan aura yang berkelas. Lokasinya berada satu dengan Gorontalo Business Park yang ada di bilangan Jalan Sultan Botutihe. Mal ini efektif dibuka untuk umum pada 18 Desember 2011 yang di dalamnya berisi 3 lantai. 

Dulunya sebelum membangun mall ini, ada banyak orang yang pesimis. Baru sebatas rencana garap mall, ada beberapa orang yang mencibir, tidak akan mungkin terbangun mall besar dengan tiga lantai. Tapi sejarah telah berbicara, Mall pun terbangun meski di awalnya ada perdebatan panjang dari para politisi setempat. 

Kini mall sudah berdiri, menyuguhkan ragam style masyarakat urban, diharapkan menjadi satu bagian penopang kemajuan wisata Kota Gorontalo. Namun sayang, sejak didirikan pada 2011 sampai Februari 2013, belum ada fasilitas layar bioskop, padahal warga masyarakat ingin sekali adanya kehadiran jenis hiburan ini.   

Berikut ada cerita soal sejarah singkat pembangunan Gorontalo Mall, yang dimulai pada tahun 2009, yang kala itu jumlah penduduk Gorontalo masih sedikit. Melihat kondisi ini, lantas tidak membuat PT Primerindo Kencana mengendur untuk berinvestasi di bidang properti Mall ini.

Perusahaan yang konsen di bidang bisnis properti ini berani membuka lahan baru dan membangun pusat perbelanjaan modern di Bumi Hulandalo. 

Ditemui, Erwin Adnan (54), General Manager PT Primerindo Kencana menuturkan, selain pusat perbelanjaan Gorontalo Mall juga di lengkapi fasilitas taman bisnis yang menawarkan ruko-ruko bertotal 122 unit dan hotel berbintang empat bernama Maqna. "Semuanya itu berada dalam satu kawasan. Sudah lengkap semua," ujarnya, Jumat (5/10/2012).

Gorontalo Mall, taman bisnis, dan Hotel Maqna berada dalam satu lahan kawasan seluas tiga hektar. "Pembangunan area-nya sekitar Agustus 2009," ungkapnya.

Gorontalo Business Park yang satu komplek dengan Gorontalo Mall, Rabu (31/10/2012)_budisusilo
Dahulu, diawal pendirian Gorontalo Mall banyak cacian dan ungkapan pesimis, bahwa dibangunnya mall di Kota Gorontalo itu akan sia-sia tiada guna. "Orang banyak bilang Kota Gorontalo itu sepi, siapa yang mau datang ke Mall. Buka mall pasti gak laku," urainya.

Namun bagi Erwin, itu hanyalah anjing menggonggong kafilah berlalu. Semua lontaran miring tersebut tidak dianggap sebagai hal kebenaran, ia pun semakin bertekad membangun Gorontalo Mall.

"Saya berani bangun karena saya yakin Gorontalo ke depan itu akan maju. Bahkan kotanya akan bisa lebih maju dari Makassar dan Manado," tutur pria asal Jakarta ini.

Karena itu, penggarapan pembangunan yang ia lakukan pun berkonsep trendi masa kini. Arsitektur mengadopsi gaya milenium dengan menonjolkan warna-warna silver.

"Bangunannya dirancang dan digarap oleh tenaga-tenaga ahli dari Indonesia. Dari Jakarta, dan Surabaya," ungkap Erwin.

Maqna Hotel yang satu komplek dengan Gorontalo Mall, Rabu (31/10/2012)_budisusilo
Terbukti, hampir bejalan 10 tahun kini warga masyarakat banyak yang berkunjung ke Gorontalo Mall. Selain untuk belanja juga tempat tongkrongan mencari hiburan.

"Ada Mall Gorontalo tambah ramai. Bisa tampak di jalan-jalan banyak yang mau menuju mall, saya yakin ke depan semakin ramai," ujarnya dengan rasa optimisme.

Karena itu, sebagai penunjang mall pun dilengkapi lahan parkir yang memadai sebab dari waktu ke waktu, pemilik kendaraan bermotor semain bertambah.

"Lahan parkir bisa tampung 200 unit kendaraan roda empat dan 1000 motor roda dua," urai pria kelahiran Surabaya ini.

Ia menambahakan, kehadiran Gorontalo Mall jadi satu tonggak penting bagi ikon promosi Gorontalo di masyarakat luas. Dan juga menjadi pemantik perputaran roda ekonomi Gorontalo.

"Mereka yang datang ke Gorontalo bisa nyaman dan menikmati suasana kota yang tersedia tempat perbelanjaan," tuturnya. 

Semoga saja, kehadiran mall memberikan arti tersendiri bagi masyarakat yang bertempat tinggal di Gorontalo. Jadi satu warna dalam meramaikan dunia perkotaan yang kedepan akan semakin tambah dinamis penuh dinamika di bumi tanah air Indonesia. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN