CUKUP DILIHAT BOSKU


Cukup Dilihat Bosku !

Pinggiran kawasan kilang minyak hutan kota mendadak ramai warga pelintas jalan saat beberapa ekor monyet abu‑abu nangkring di pagar hutan.

SAAT itu, saya pada Minggu 31 Juli 2016, sekitar pukul 15.00 Wita, melintasi Jalan Yos Sudarso, atau biasa juga dikenal jalan minyak Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Pengendara mobil maupun sepeda motor yang melintas di jalan itu menyempatkan waktu sejenak melihat gaya‑gaya monyet yang memanjat di pagar pinggir jalan dan bergelayutan di ranting‑ranting pohon yang terlihat jelas dari pinggir jalan beraspal.

Di antara mereka yang melihat monyet itu sebagian besar yang membawa anak‑anak kecil. Orangtua mempertontonkan anak‑anaknya pada dunia satwa monyet yang hidup liar di hutan kota.

Suasana Jalan Yos Sudarso Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur yang asri dan bersih pada Minggu 31 Juli 2016 sore. Daerah ini biasa juga dikenal sebutan jalan minyak karena berdekatan dengan kilang minyak Pertamina. (Photo by Budi Susilo)

Warga di daerah itu hanya menyaksikan saja, sesekali sambil mengabadikan momen foto dengan perangkat gawai atau smartphone

Tidak ada yang berani memberi barang ke monyet. Warga sungkan memberi makan dan minum ke monyet-monyet itu karena dilarang.

Di pagar itu telah dipasang spanduk yang bertuliskan #SaveOurMonkey Cukup Dilihat Bosku ! Tidak boleh dikasihani dengan memberi konsumsi.

Maksud tujuan pesan di spanduk itu dijelaskan lagi di bagian tulisan bawahnya yakni warga dilarang memberi makan dan minum ke monyet‑monyet dengan alasan supaya monyet tersebut bisa tetap mandiri, bisa hidup secara alamiah mencari makan minum sendiri. ( )





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN