SUNGAI SABANAR TELUK SELIMAU KALIMANTAN UTARA

Menikmati Lestarinya Alam

Suara berisik beberapa perahu ketinting yang lalu-lalang di Sungai Sabanar, meramaikan Teluk Selimau, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Inilah yang terekam pada pagi itu, Senin 28 Maret 2016.

Di dermaga Teluk Selimau, Kelurahan Tanjung Selor Timur cukup menghibur diri ini yang mulai bosan dengan suasana kehidupan perkotaan. Sinar matahari pagi yang menerangi Teluk Selimau memperlihatkan geliat kehidupan perairan sungai.

Airnya coklat, dikejauhan masih banyak terlihat daratan yang ditumbuhi semak belukar pepohonan hijau. Segar di pandang mata, indahnya bumi yang alami belum dikotori bangunan-bangunan industri, perkantoran, dan perumahan.

Berangkat dari dermaga mengarah ke kawasan Transmigrasi Satuan Pemukiman Satu (SP1) Tanjung Buka pada pukul 08.47 Wita menggunakan perahu ketinting bermesin motor.

Melewati Sungai Sabanar, membelah arus sungai menuju ke daerah Sungai Sepanggai sebuah jalur air yang mengarah ke lokasi Transmigrasi SP 1 Tanjung Buka. 

Naik perahu ketinting bermesin motor mengarungi Sungai Sabanar, Teluk Selimau, Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Republik Indonesia, pada Senin 28 Maret 2016 pagi. Waktu itu menempuh perjalanan ke arah transmigrasi Satuan Pemukiman Satu Tanjung Buka untuk melihat pesta panen padi yang dihadiri Bupati Bulungan. (Photo by Maman)

Air sungai yang coklat cukup enak dipandang meski tidak layak untuk diminum. Wujud air sungainya yang menyerupai kopi susu sangat memberi arti bagi para petani di Transmigrasi SP 1.

Keberlimpahan air inilah yang mampu mengairi sawah pasang surut. Banyak warga transmigran menggantungkan pada aliran air sungai ini. Tanpa ini, mustahil petani mampu bercocok tanam menghasilkan padi gabah.

Bangunan Dermaga Teluk Selimau, Sungai Sabanar Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Republik Indonesia, pada Senin 28 Maret 2016 pagi. Dermaga ini menjadi tempat penghubung transportasi air dari daerah Tanjung Selor Timur dengan kawasan Transmigrasi Tanjung Buka. (Photo by Budi Susilo)

Berdasarkan statistik, tahun 2016, total keseluruhan warga yang menghuni di kawasan transmigasi SP 1 Tanjung Buka, Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kabupaten Bulungan sebanyak 645 Kepala Keluarga. Sebuah jumlah yang cukup ideal untuk membentuk sebuah desa tersendiri.

Bagi saya, bersinggah ke SP 1 Tanjung Buka adalah pengalaman berharga. Kisah catatan hidup yang membanggakan, mampu merasakan kehidupan transmigran yang hidup dengan keterbatasan namun tetap memiliki asa untuk meraih kesejahteraan bersama-sama.

Saat yang dinanti, akhirnya saya bisa tiba dengan selamat di SP 1 Tanjung Buka sekitar pukul 09.02 Wita. Disambut terik matahari pagi, sama halnya saat saya masih berada di Dermaga Teluk Selimau. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN