DESA TURUNG | SEKATAK | KALIMANTAN UTARA

Berkunjung ke Turung


Memasuki akhir pekan, saya ikut menumpang rombongan Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, yang melakukan kunjungan kerja keluar perkotaan Tanjung Selor, menyambangi Desa Turung, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu 27 Februari 2016.

KUNJUNGAN kerja yang pertama kalinya bagi Wabup Ingkong itu adalah meresmikan Gereja Kemah Injil Indonesia Desa Turang. Kami berangkat sejak pukul 08.18 Wita dengan cuaca yang sangat bersahabat, arus lalu-lintas lancar, tidak macet seperti perkotaan Jakarta.  

Bagi saya, menuju Kecamatan Sekatak bukan yang pertama kalinya. Pada momen ini, terhitung sudah yang kedua kalinya. Mencapai daerah Sekatak dari Tanjung Selor, butuh waktu perjalanan sekitar 3 jam.

Perjalanan lumayan jauh, melewati dua kecamatan yakni Kecamatan Tanjung Palas dan Kecamatan Tanjung Palas Utara. Tidak seperti jalan-jalan Trans Sulawesi yang beraspal mulus, kondisi jalan di Kalimantan Utara ini masih berkondisi lumayan buruk, jalan bergelombang dan bertanah.

Desa Turung Jongfajar Kelana
Bersama warga Desa Turung Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Sabtu 27 Februari 2016. Busana yang dipakai para wanita itu adalah fashion ciri khas masyarakat adat Dayak Blusu.

Seperti halnya saat akan tiba di Desa Pimping, Tanjung Palas Utara, rombongan kami terhadang mobil-mobil alat berat yang sedang dilakukan perataan jalan yang masih bertanah hitam dan merah. Kondisi ini membuat kami terpaksa harus menghentikan laju kendaraan sekitar dua menit.

Mobil alat berat pengeruk tanah sedang beroperasi, meratakan jalanan yang masuk dalam wilayah urusan pemerintah provinsi. Tanah liat yang merah dan hitam menjadi pemandangan dalam perjalanan itu. Tidak bisa dipaksakan melintas jalanan yang sedang di perluas dan akan diaspal.

Tidak lama kemudian, setelah lolos dari area itu, rombongan kami sempat singgah beristirahat di sebuah warung makan Desa Panca Agung, selama 30 menit, menikmati sajian minuman, sambil menunggu mobil Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulungan dan Direktur RSUD Tanjung Selor yang terlambat, berada di barisan paling belakang.  

Desa Turung Jongfajar Kelana
Desa Turung Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

Usai puas rehat, kemudian perjalanan dilanjutkan lagi pada pukul 10.38 Wita. Saat akan memasuki kawasan Kecamatan Sekatak, aspal jalan masih dianggap cukup bagus ketimbang di rute sebelumnya.  

Singkat cerita, rombongan kami pun tiba dengan selamat di Desa Turung, Sekatak sekitar pukul 11.35 Wita. Beberapa warga desa menyambut kedatangan kami di gereja, termasuk Kepala Desa Turung, Yohanes Y, yang lahir pada 12 Juni 1976 di Desa Turung. Gereja  berdekatan dengan bangunan Baloi Adat Nyaki Anib Runuang Timug Desa Turung. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN