PULAU BUNYU | BULUNGAN | KALIMANTAN UTARA

 Welcome Bunyu Island !

HUJAN rintik membasahi bumi Tanjung Selor, pagi itu, 12 April 2015. Awan mendung menutupi tubuh matahari, Tanjung Selor pun serasa remang. Untungnya, angin tidak bertiup kencang topan badai.

Atmosfir ini tidak menyurutkan saya untuk ikut pergi ke Pulau Bunyu, Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Rasa senang menyelimuti hati, perjalanan yang bakal riang gembira karena inilah pengalaman pertama saya menuju pulau yang kaya mengandung minyak bumi dan batu-baranya. 

Pergi ke Pulau Bunyu tidak sendiri. Saya ikut bergabung dengan rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan yang melakukan kunjungan ke Pulau Bunyu untuk meresmikan rumah adat setempat.

Saat itu, Bupati Bulungan Budiman Arifin beserta istri ikut menghadiri. Juga ada Syarwani Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bulungan berserta beberapa Kepala Dinas bidang Kesehatan dan Pertamanan di lingkungan Pemkab Bulungan.

Menuju ke daratan Pulau Bunyu Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (photo by budi susilo)
 
Sebelum memulai perjalanan, kami semua berkumpul di pelabuhan speedboat VIP Tanjung Selor. Perahu sudah siap berangkat, saat Bupati dan ketua dewan tiba di pelabuhan, langsunglah berangkat ke Bunyu, tidak perlu lagi belama-lama nongkrong di pelabuhan VIP. 

Perahu berangkat ke Bunyu pada pukul 09.33 Wita. Cuaca saat itu masih mendung meski hujan tidak lagi turun. Perjalanan lancar menyusuri sepanjang Sungai Kayan menuju Pulau Bunyu.

Singkat cerita, satu jam lebih sudah terlewati. Perahu kami mulai memasuki area lautan, mendekati Pulau Tarakan. Perjalanan semakin terasa bergelombang tinggi saat melintasi lautan lepas, padahal awan berkondisi cerah. 

Kami, selepas dari lintasan aliran Sungai kayan, perahunya terombang-ambing. Perut dikocok-kocok. Cipratan air di badan perahu begitu nampak. Nah, mereka yang mengantuk tentu saja tidak akan pulas tidur dalam perjalanan kali ini.

Jalan raya yang ada di Pulau Bunyu Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (photo by budi susilo)

Tibalah kami dengan selamat. Pada pukul 11.28 Wita menepi di Dermaga Tidung Pulau Bunyu. Iklimnya memang panas. Terpaan sinar mataharinya memang sangat menyengat. Sekujur tubuh pun mudah bercucuran keringat. 

Usai menginjak dermaga Tidung Pulau Bunyu, perjalanan dilanjutkan mengarah ke Pantai Nibung, sebuah pantai yang sudah dikonsepkan sebagai lokasi wisata bahari yang terbuka bagi umum. 

Menuju ke pantai ini dari dermaga hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit menggunakan kendaraan jalur darat. Syukurlah, saya bisa menginjak bumi Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara. Selamat :D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN