TANJUNG PALAS | KABUPATEN BULUNGAN | KALIMANTAN UTARA

Menyeberang Ke Tanjung Palas

KEDUA daerah, yaitu Kecamatan Tanjung Selor dan Kecamatan Tanjung Palas di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, dipisahkan oleh sungai Kayan, yang setiap musim kemarau air sungainya tidak pernah kering. 

Saya yang berada di Tanjung Selor pada Sabtu 17 Januari 2015 siang, untuk pertama kalinya menyeberangi Sungai Kayan, menginjak Kecamatan Tanjung Palas. 

Saya tidak pergi sendiri, bersama rekan enam jurnalis media cetak lainnya, kami menuju ke dermaga Tanjung Palas menggunakan perahu penyeberangan, sejenis Katinting, perahu yang berukuran ramping dan memanjang.

Ukuran perahu penyebrangannya lumayan panjang dan lebar. Satu perahunya, bisa memuat tiga sepeda motor, baik jenis bebek maupun matik. 

Biaya tarif yang dikenakan per orang sebesar Rp 5 ribu, sedangkan yang membawa sepeda motor dikenai tambahan biaya Rp 5 ribu. 

Saat berada di dermaga Tenguyun di Tanjung Palas, pada Sabtu 17 Januari 2015. Tempat ini menjadi sarana penyeberangan yang menghubungkan Tanjung Selor dan Tanjung Palas provinsi Kalimantan Utara. (photo by bayu aji sadewo)

Jarak tempuh ke Tanjung Palas tidak sampai memakan waktu 30 menit. Jaraknya dekat saja, mengingat perahu penyeberangannya dilengkapi mesin motor, sehingga perahu bisa melaju cepat.

Daratan Tanjung Palas dilihat dari perahu penyeberangan Tanjung Selor-Tanjung Palas di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara pada Sabtu 17 Januari 2015. (photo by budi susilo)
Perjalanan yang asik, perahunya yang mini membuat penumpangnya tegang. Apalagi saat perahu melintas di arus air sungai yang sedang deras, badan perahu pun bergoyang. 

Bagi yang tidak terbiasa naik alat transportasi jenis ini, atau mungkin baru pertama kalinya merasakan sensasi perahu ini, pasti adrenalinya berdetak kencang. ( )



Komentar

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN