SAPU LIDI

Sapu Lidi

Tidak pernah terbayang sebelumnya, ketika jaman pra sejarah masa silam, dahan-dahan dari pohon kelapa ternyata dapat disulap menjadi sapu lidi, alat yang dipakai manusia sekarang untuk sapu pembersih.

Sama halnya, lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di jaman orde baru tidak terpikirkan untuk dibentuk. Tapi sekarang sadar, aparat penegak hukum model seperti ini penting sekali keberadaannya, sebagai alat penyapu ‘tikus-tikus’ yang rakus, memakan uang rakyat.

Apa jadinya jikalau tak ada orang-orang seperti Abraham Samad dan kawan-kawan lainnya di KPK, mungkin orang-orang yang punya kuasa dapat melanggeng bebas memperkaya diri di atas penderitaan rakyat.

Berat, tapi tak seberat menggendong Gunung Kalabat. Asal mau berjanji dan berani mengaplikasi, penyakit korupsi dapat dibabat habis. Rakyat ingin KPK bagai sapu lidi, pembersih kotoran-kotoran negara agar para koruptor dapat dibumi hanguskan.

Rakyat sudah banyak yang kecewa. Lihat saja contoh kecil melalui survei, 51,5 persen masyarakat tidak percaya lagi moral para elit politik. Yup, mungkin warga lebih banyak percaya akan DDT-nya ketimbang moralnya. DDT itu duduk, diam dan tidur !

Memasuki Ramadhan ini, jadi titik refleksi bagi umat manusia dalam menemukan hakikat sebuah kehidupan yang sebenarnya, mampu ciptakan masyarakat yang berlapis sosialis, tak lagi picik, rakus mengumpul materi demi nafsu duniawi. Semoga kita semua masuk dalam golongan-golongan ini, amin ya robal alamin.

Soalnya lewat puasa Ramadhan ini, kita semua berkesempatan untuk sirami sumur hati dengan rohani yang penuh cinta terhadap Tuhan dan seluruh mahkluk alam semesta ini.

Menyerupai sapu lidi, tiap batangnya dikumpul menyatu, fungsinya berubah jadi alat hebat. Begitu pun manusia berpuasa Ramadhan, dari awal disatukan hingga akhir, akan berubah, insyaallah sebagai manusia Rahmatan Lil Alamin.

Baiklah, sudahi dahulu hal ini, apalagi tak lama lagi, sinar senja mulai datang dan kemudian redup, karena suara bedug Maghrib Ramadan akan tiba. Selamat menunggu berbuka puasa Ramadhan, semoga berkah dan membawa banyak hikmah. ( ) 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN