RAMADHAN TELAH TIBA

Ramadhan Telah Tiba

Burung-burung yang nangkring di rindangan pohon seputaran lingkungan rumah berorasi, berkicau merdu seakan pekikan kalimat ‘selamat pagi !’.

Begitu pun sama halnya, burung-burung peliharaan yang disangkar dalam kandang tak mau kalah berdendang ciut-cuit, ramaikan pagi Kota Tangerang.

Alhamdulillah, memang indah Indonesia hari ini, memberi atmosfir hati berwarna-warni, Selasa (9/7/2013).
Memulai hari ini, sudah ada beberapa orang yang melakukan ritual ibadah puasa Ramadhan, sebagai perintah jalankan syariat agama Islam. Bagi mereka orang-orang yang beriman, puasa Ramadhan itu mesti diaplikasikan, jika tidak ada halangan merintang.

Usai perdebatan serius melalui metode ‘Hisab dan Rukyat’ diputuskan, bahwa peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia RI ke-68, jatuh pada Sabtu, 17 Agustus 2013.

Lho kok, jadi tidak nyambung yak. Astagfirullah, ini bahas soal ibadah puasa Ramadhan, bukan persoalan nasionalisme bangsa yang berkarakter Bhineka Tunggal Ika.

Yup, melalui tukar pendapat Hisab dan Rukyat di Kementrian Agama RI, yang dihadiri tokoh-tokoh muslim Indonesia dan dari negara-negara muslim lainnya, memutuskan negara mengambil patokan awal puasa Ramadhan pada 10 Juli 2013.

Sisi lain, bagi mereka yang sudah berpuasa terlebih dahulu, tidak mengikuti jadwal 10 Juli 2013, tak jadi persoalan. Yah, inilah perbedaan dalam menjalankan keimanan dan ketakwaan pada Allah Yang Maha Kuasa di tanah air Indonesia.

Sebab hakikatnya, puasa Ramadhan itu bukan soal pakai sarung warna apa, dan apa merk mukena. Ramadhan itu sebagai ajang perlombaan dalam mencari nilai-nilai kebaikan dan kerahmatan semesta.

Hore, Ramadhan telah tiba! Pastinya, Ya Allah, bulan Ramadhan ini harapannya tidak ingin melenceng jauh dari hidup layak, kemerdekaan, rasa kemanusiaan dan keadilan sosial. Amin ya robal alamin !

Marhaban Ya Ramadhan, Alhamdulillah mari kita sambut Ramadhan dengan rasa kebahagiaan agar raih kerahmatan lil alamin.

Marhaban Ya Ramadhan, Alhamdulillah mari kita sambut Ramadhan dengan suka cita, penuh aura pesona berwarna. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN