MENGINJAK BUMI DESA TANAH KUNING KALIMANTAN UTARA

Melangkah Menuntut Ilmu

MELIHAT pemandangan rumput-rumput hijau tumbuh meninggi sekitar tiga puluh centimeter di pinggiran Jalan Pendidikan, Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. 

Langit biru pagi yang menjadi atap bagi Desa Tanah Kuning mampu memberi rasa bahagia yang menggunung. Sebab pesonanya begitu luar biasa, terekam indah pada Senin 6 April 2015 lalu.

Cahaya matahari enggan menutup diri. Mentari timbul dari ufuk timur memancarkan sinar hangatnya, yang memberi segudang kehidupan bagi makhluk-makhluk yang berada di Desa Tanah Kuning.

Terlihat banyak anak-anak muda pergi bersekolah. Menyusuri jalan menggunakan kendaraan sepeda motor dan juga ada yang berjalan kaki tanpa beban. Mereka berbahagia pergi bersekolah menuju Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Tanjung Palas Timur dengan raut wajah yang cerah.

Berada dalam genggaman Desa Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Senin 6 April 2015. (photo by rachmad ramadhan)

Mereka para pelajar berangkat pagi sekali. Inilah gambaran momen dimulainya cita-cita dan harapan mereka yang ingin menjadi generasi yang berkualitas, menggendong intelektualitas yang mumpuni agar mereka mampu menjadi gerbong-gerbong perubahan, yang turut bersumbangsih membangun desanya menuju masa depan yang lebih gemilang.

Sebab kenapa, Indonesia mesti dibangun dari daerah pedesaan. Memulai pergerakan dari pinggiran. Desa-desa merupakan pondasi kemajuan negara Republik Indonesia. Desa bagian penting dalam pengembangan peradaban yang menakjubkan. 

Desa membangun demi mewujudkan kemajuan ekonomi yang mapan serta menciptakan budaya dan masyarakat yang berintegritas.   

Upacara bendera di  Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Palas Timur, Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Senin 6 April 2015. (photo by budi susilo)

Harapan terbesar, Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, akan selalu hidup, semakin makmur layaknya makna simbol warna kuning. 

Desa Tanah Kuning daerah yang akan dibanggakan di provinsi Kalimantan Utara dan secara keseluruhan bagi negara Indonesia. Desa Tanah Kuning, desa yang bersahaja, desa yang mampu mengubur semua keburukan. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN