SUARA CAGUB KALTARA & CABUP BULUNGAN

Suara Sah Cagub Lebih Besar Ketimbang Cabup

Jumlah suara sah dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Calon Gubernur dan Calon Bupati di Kabupaten Bulungan tahun 2015 terdapat perbedaan. Bilangan total keseluruhan suara sahnya tidak sama.

SAAT ditemui, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan, Erry Sonley, menjelaskan, terjadinya perbedaan jumlah suara sah antara Calon Gubernur dan Calon Bupati bukan karena salah perhitungan. Semua teknis penghitungan suara sudah dilakukan melalui prosedur yang benar.  

“Kami sudah melakukan perhitungan sesuai dengan kenyataan. Dilakukan terbuka. Lewat rapat pleno, yang dihadiri saksi dari semua paslon dan dari panwas,” ujarnya usai Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Kepala Daerah wilayah Kabupaten Bulungan, di gedung Serba Guna kantor Gubernur Kaltara, Rabu 16 Desember 2015.

Berdasarkan hasil hitung suara sah calon di 10 kecamatan, ternyata suara sah untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalimantan Utara totalnya sebanyak 59167. Sedangkan untuk yang Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati mencapai total 58997



Massa pendukung Cagub Jusuf Serang Kasim dan Cawagub Marthen Billa berjalan kaki dari Jl Sengkawit menuju kantor Bawaslu Kalimantan Utara (Kaltara), Pasar Induk Tanjung Selor, untuk berunjuk rasa menuntut pengusutan dugaan kecurangan dalam Pilkada tahun ini, Rabu 16 Desember 2015 siang. (Photo by Budi Susilo)


Menurut dia, adanya perbedaan karena faktor mereka para pemilih saat itu terjadi kesalahan yang mengakibatkan surat suaranya di Cabup dianggap tidak sah. “Surat suaranya rusak. Jadinya mengurangi jumlah surat suara sah,” tuturnya.

Kemudian faktor lainnya, adanya proses migrasi, perpindahan penduduk yang banyak datang ke Kabupaten Bulungan, khususnya perkotaan Tanjung Selor, membuat wilayah Kabupaten Bulungan mendapat pemilih baru.

“Ada pemilih yang punya kartu tanda penduduk berasal dari luar Kabupaten Bulungan. Pemilih-pemilih ini tetap bisa memilih tetapi hanya memilih Cagub saja. Makanya di Cagub jumlah suara sah bisa lebih banyak,” kata Erry.

Dia pun berharap, proses penghitungan suara yang sudah mencapai babak final menjadi titik awal menuju Bulungan dan Kalimantan Utara yang lebih baik lagi. Keberhasilan Pilkada berkat semua lapisan. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua paslon, yang mau melaksankan proses Pilkada dengan damai penuh kekeluargaan,” tutur Erry.

Semua Saksi Paslon Menerima Hasil Perhitungan
RAPAT pleno perhitungan suara Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bulungan oleh KPU Bulungan yang dihadiri para saksi dari semua pasangan calon (Paslon).

Saksi Paslon Sudjati-Ingkong Ala, yakni Said Mochtar Al Idrus, menyatakan, senang kubunya menjadi pemenang dalam Pilkada. “Kami puas atas semua perhitungan surat suaranya,” katanya, pada Rabu 16 Desember 2015.

Menurutnya, semua hasil perhitungan versi KPU Bulungan tidak jauh berbeda dengan perhitungan cepat yang dilakukan timnya, yang mengunggulkan pasangan ini, mampu meraih 42,17 persen.

Senada, Anwar Daeng Mamile, saksi pasangan Liet Ingai-Kasman Gafar dan Rusman yang menjadi saksi pasangan Oni-Najamuddin mengaku sama, menerima semua atas hasil rekapitulasi penghitungan suara dari KPU Bulungan.

Semua saksi yang hadir tersebut, menandatangani berita acara hasil penghitungan rapat pleno rekapitulasi hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Kepala Daerah Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bulungan

Acara rapat pleno tersebut juga dihadiri Kapolres Bulungan, AKBP Ahmad Sulaiman, menilai, pelaksanaan Pilkada di Bulungan berjalan lancar dan aman terkendali. Keberhasilan ini berkat semua keterlibatan lapisan masyarakat. Peran kepolisian hanyalah menegakkan hukum dan menjaga ketertiban umum.

“Alhamdulillah, sampai terakhir ini, tidak ada yang mengajukan gugatan untuk Pilkada Bulungan. Hanya yang gubernur saja ada yang mengajukan gugatan tetapi aksi unjuk rasanya adalah aksi damai,” tuturnya.  

Total Perolehan Suara Sah Cagub di Kabupaten Bulungan
Pasangan Jusuf SK-Marthen Billa 27018
Pasangan Irianto-Udin Hianggio 32149
Total keseluruhan 59167

Total Perolehan Suara Sah Cabup di Kabupaten Bulungan
Pasangan Sudjati-Ingkong Ala 24889
Pasangan Liet Ingai-Kasman Gafar 13647
Pasangan Oni-Najamuddin 20461
Total keseluruhan 58997

Perolehan Suara Cagub di Kecamatan Tanjung Selor
Pasangan Jusuf SK-Marthin Billa 7126
Pasangan Iranto Lambrie-Udin Hianggio 13121
Total Suara Sah 20247

Perolehan Suara Cabup di Kecamatan Tanjung Selor
Pasangan Sujdati-Ingkong Ala 9225
Pasangan Liet Ingai-Kasman Gafar 3104
Pasangan Oni-Najamuddin 7834
Total Suara Sah 20163
Sumber data: KPU Bulungan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN