KAMPUNG RAMBUTAN ALA KALTARA

Kampung Rambutan Ala Kaltara


Kampung Rambutan tidak hanya dimiliki Provinsi DKI Jakarta saja, ternyata di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) juga terdapat sebuah kampung rambutan. Ini bukan sekedar nama, bukan dusta, apalagi akak-akalan semata. Ini kampung yang benar-benar fakta, ada banyak ratusan pohon rambutan.

DAERAH kampung rambutan Kaltara ini lebih dikenal Selimau, yang berada dalam Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kabupaten Bulungan. Pohon-pohon rambutan tumbuh subur di hampir sebagian wilayah kelurahan ini.

Pohon berdiri di lahan-lahan yang gembur. Pada Minggu 6 Desember 2015 siang, saya mengunjungi kampung rambutan ini, kebetulan sedang masa berbuah. Rimbunan buah rambutan yang memerah menggelantung indah di ranting-ranting pohon.


Tidak ada yang iseng mencuri, rambutan masih saja menghiasi pohon. Padahal ada beberapa pohon yang tumbuh di pinggir jalan raya, tetap saja, buah rambutan tidak ada yang mengambilnya, bahkan sampai ada yang dibiarkan buah busuk terjatuh di tanah.

Coba bayangkan saja, bila pohon-pohon itu tumbuh di Jakarta, pasti tidak sampai semenit, pasti buah rambutan itu akan ludes, dilahap orang. Terutama oleh kalangan anak-anak kecil yang hobi memetik tanamam buah.

Seperti halnya waktu masa kecil saya di Jakarta Pusat, yang suka ‘mencuri’ pohon buah orang dengan cara menimpuk buah pakai batu atau sebatang bambu. Ajegile. ( )   

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN