KAMPUNG BARU | DESA MANGKUPADI | KALTARA

Senang Semangkanya Tumbuh di Tanah Berpasir


Selama ini, daratan Kampung Baru, Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan yang dikenal bertanah pasir, ternyata bisa membuahkan hasil bumi berupa semangka.

SAAT ditemui, Usman, 56 tahun, petani semangka Kampung Baru mengatakan, tanah di Kampung Baru cocok dikembangkan buah semangka. “Saya menanam sampai 400 batang pohon semangka,” katanya kepada Tribun di kebunnya, Sabtu 19 Desember 2015 siang.

Dia mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon semangka dilakukan sejak dua bulan lalu, menggunakan pupuk kotoran sapi. Terbukti hasilnya cukup memuaskan, meski secara keseluruhan tanamanya belum berbuah.

“Saya baru pertama kali menanam Semangka. Baru pertama kalinya saya juga baru bisa merasakan panen semangka 50 Kg. Saya akan terus berusaha menanam Semangka. Tanah disini cocok,” kata pria kelahiran Enerkang ini. 

Memegang buah semangka yang montok di sebuah lahan seorang petani warga Kampung Baru, Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Sabtu 19 Desember 2015.

Petani semangka lainnya, Rustam Andhika, mengungkapkan, selama ini kegiatan pertanian semangka miliknya mendapat bimbingan dari penyuluh pertanian. Menanam semangka ini merupakan uji coba pertama kalinya.

“Saya puas ternyata bisa menghasilkan juga. Tapi saya bingung soal bagaimana memasarkannya. Buah semangka panen paling masih saya konsumsi sendiri,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu, turut hadir juga Penjabat Bupati Bulungan, Syaiful Herman datang berkunjung ke daerah ini, melihat jenis tanaman holtikultura yang disukai banyak orang ini.

“Tanam buah semangka di Kampung Baru berhasil walau jenis tanahnya berpasir. Ini bagus. Kita harus terus kembangkan. Buah semangka banyak yang suka,” ujarnya, yang saat itu mengenakan topi model sport.

Sedang berada di kebun buah semangka yang ada di Kampung Baru Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Sabtu 19 Desember 2015.

Dia berharap, seluruh warga masyarakat, khususnya petani kebun yang ada di Kampung Baru untuk terus optimis, tak boleh menyerak untuk melakukan cocok tanam buah-buahan. Jika berhasil, tentu saja pemerintah daerah akan juga berusaha memberikan bantuan.

Rencananya, pada tahun 2016, melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara akan dikembangkan kawasan holtikultura agar Kabupaten Bulungan memiliki ciri khas buah-buahan. Seperti halnya. Kampung Baru dikonsep sebagai sentra Semangka yang nantinya akan dikembangkan seluas 5 hektar.

“Kita sudah lihat tanah di Kampung Baru bisa tumbuh Semangka. Sekarang kita terus lanjutkan. Bisa juga nanti kasih tambah tanaman buah lain seperti buah melon,” tegasnya.[1] ( )



[1] Koran Tribunkaltim, “Kampung Baru Desa Mangkupadi Panen Semangka: Senang Semangkanya Tumbuh di Tanah Berpasir,” terbit pada Minggu 20 Desember 2015, di halaman 2, pada rubrik Tribunkaltara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN