KAMPUNG TIAS | DESA TANJUNG BUKA | KABUPATEN BULUNGAN | KALIMANTAN UTARA 2

Parabola Sabut Kelapa

Waktu berkeliling-keliling Desa Tanjung Buka, Kampung Tias, saya menemukan sebuah pemukiman seorang warga setempat. Kebetulan saja, saya tidak sengaja melintas di depan rumahnya, saya pun salut dan terkesima, pada Selasa 27 Januari 2015.

Lantaran saya menemukan sebuah alat parabola yang berdiri tegak, tertancap di tanah depan rumah seorang warga. Kondisi parabola sungguh yang tidak normal seperti umumnya, lebih terlihat aneh.

Karena parabola itu tidak digunakan sebagai alat pemancar siaran televisi tetapi dialih fungsikan untuk wadah tumpukan sabut-sabut kelapa. Oleh pemiliknya, parabola tersebut dipakai sebagai alat penjemur sabut kelapa. 

Sebuah parabola milik seorang warga di Kampung Tias Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dijadikan wadah untuk menaruh sabut-sabut kelapa pada Selasa 27 Januari 2015. (photo by noorjanah)
Nah, tapi jangan berasumsi dahulu, kalau warga yang satu ini sangat kaya raya. Dia bukan orang kaya, apalagi raja yang bergelimang harta seperti halnya sultan yang ada di negara Brunei Darussalam.

Parabola itu hanyalah sebuah ‘sampah’, barang rongsokan. Parabolanya sudah ‘impotensi’, tak bisa lagi berfungsi sebagai alat penangkap siaran saluran televisi seluruh penjuru bumi.   
Maklum, sabut kelapa yang kering biasanya digunakan untuk bahan bakar memasak ikan asap, layaknya arang tempurung. Sebagian besar, warga yang tinggal di Kampung Tias bekerja sebagai nelayan pencari ikan. ( )  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN